Menjelajahi Pulau Laskar Pelangi (Pulau Belitung) – Part 1

Selamat Pagi BGers ,

Kali ini Mr.BG mau ngajak kalian untuk berwisata ke pulau yang biasanya kita kenal dengan Negeri Laskar Pelangi atau Pulau Belitung yang memiliki sejuta pesona alam yang menakjubkan dengan luas pulau mencapai 4.800 km² atau 480.010 ha.

Mr.BG senang sekali bisa menjelajah pulau yang indah ini selama beberapa hari dari tanggal 25 Desember 2015 – 28 Desember 2015.

Keindahan alam Pulau Belitung tidak bisa Mr.BG ragukan terutama untuk pantainya yang memiliki ciri khas tersendiri yang menurut Mr.BG sudah sulit untuk ditemukan di tempat lain.

Selain pantai , Pulau Belitung juga masih menyimpan segudang obyek wisata yang menakjubkan. Seperti beberapa pulau kecil yang menawan di sekitar perairan belitung. Berbagai macam upacara adat dan keseniaan tradisonal di belitung , menjadi pelengkap obyek wisata di belitung.

Berikut ini, Mr.BG bakal merangkum perjalanan Mr. di Pulau Belitung untuk beberapa hari kedepannya :

Hari Pertama : Jumat , 25 Desember 2015.

• Jam 07.00 – Bandara Hanandjoedin

Tiba di Bandara Hanandjoedin , Tanjung Pandan dengan menggunakan pesawat City Link.

image

Mr.BG Tiba di Bandra Hanandjoedin

image

Tempat Pengambilan Bagasi

Setelah itu Mr.BG mengambil bagasi , akan tetapi Mr.BG cukup kaget melihat sistem pengambilan bagasi di Bandara Hanandjoedin ini yang masih sangat tradisional dimulai dari penurunan bagasi dari pesawat sampai tahap pengambilan bagasi ,  apakah mungkin bandara ini masih dalam proses tahap pembaharuan?

• Jam 09.00 – De Simpor Laki

Mr.BG tiba di sebuah rumah makan di daerah Jl.Pattimura No.6 , Tanjung Pandan yaitu “De Simpor Laki”

image

De Simpor Laki

Menu makanan dan minuman yang Mr.BG coba di “De Simpor Laki” diantaranya : “Mie Rebus Belitong dan Es Jeruk Kunci – Rp.18.000″

image

“Mie Rebus Belitong”

Mie khas belitung yang Mr.BG coba ini sangat unik , Mr.BG jujur belum pernah coba mie dari belitung ini dan ternyata rasa nya enak dan menarik untuk dinikmati.

• Jam 10.00 -Rumah Adat Belitung

Setelah Makan Mr.BG menuju ketempat salah satu lokasi sejarah di belitung yaitu “Rumah Adat Belitung” atau Rumah Panggung.

image

Rumah Adat Belitung

Sesuai dengan namanya Rumah panggung  berbentuk panggung dan atapnya berbentuk limas terbuat dari kayu nyato , dari cerita penjaga rumah adat mengatakan dahulu kala rumah limas merupakan kebanggaan pemiliknya karena dari bentuk rumah orang akan tau siapa pemilik rumah tersebut.

• Jam 10.30 – Danau Kaolin

Mobil Mr.BG tumpangi memasuki salah satu ojek wisata pertama yang Mr.BG kunjungi yaitu Danau Kaolin yang terletak di Jalan Murai, Desa Perawas Kecamatan Tanjung Pandan.

image

Danau Kaolin

Disebut Danau Kaolin , karena dulu tempat ini pernah di jadikan sebagai tambang kaolin. Namun saat ini sudah tidak beroperasi lagi.

Bekas-bekas dari proses tambang kaolin tersebut , terbentuklah lobang-lobang galian dengan bentuk yang cukup besar dan di penuhi oleh air , baik itu dari air hujan maupun dari sumber mata air di dasar lobang galian dengan memiliki ciri khas warna air yang berwarna biru.

• Jam 12.00 – Replika SD Muhammadiyah Laskar Pelangi

Akhir nya Mr.BG sampai juga ke tempat wisata berikutnya setelah menempuh kurang lebih 1 jam , “Replika SD Muhammadiyah Laskar Pelangi Belitung Timur” menjadi lokasi tujuan wisata berikut nya Mr.BG yang berada di Kecamatan gantung/gantong , Kabupaten Belitung Timur yang hanya beberapa kilometer saja dari Bendungan Pice.

image

Replika SD Muhammadiyah Laskar Pelangi Belitung Timur

image

MR.BG Berada di Salah Satu Ruangan Kelas SD Muhammadiyah

Replika SD Muhammadiyah atau yang sering di sebut SD Laskar Pelangi ini di bangun untuk keperluan Film Laskar Pelangi yang di angkat dari salah satu novel karangan Andrea Hirata.

• Jam 12.45 – Museum Kata Andrea Hirata

Setelah melihat tempat sejarah pembuatan film laskar pelangi , Mr.BG juga melihat karya – karya penulis novel laskar pelangi yaitu “Andrea Hirata” Museum kata Andrea Hirata adalah sebuah museum satra pertama di indonesia yang berlokasi di Desa Gantong Pulau Belitung , yang tidak berjauhan dengan lokasi SD Laskar Pelangi.

image

Koleksi Buku “Andrea Hirata”

Tujuan utama didirkannya museum kata adalah untuk menginspirasi generasi muda indonesia serta di jadikan sebagai tempat belajar dan media mengapresiasi karya-karya sastra dari para penulis baik di dalam maupun di luar negeri.

image

Design Unik di Musium Kata Andrea Hirata

Sebagai pelengkap dan menambah kesan uniknya, bangunan ini sengaja di design dengan mengandung unsur-unsur budaya lokal Belitung.

image

Proses Pembuatan Kopi di “Warung Kopi Kuli”

Disini juga ada fasilitas warung kopi loh , dengan gaya khas melayu asli dan rasa khas kopi belitung yaitu ”Warung Kopi Kuli“.

• Jam 13.25 – Rumah dan Kampung AHOK

Mr.BG juga berkunjung melihat “Rumah Ahok” dan “Kampoeng Ahok” rumah tinggal gubernur dki yang ada dipulau belitung , rumah ini dibuka untuk umum dan dijadikan salah satu tujuan wisatawan di belitung.

image

“Rumah Ahok”

image

“Kampoeng Ahok”

• Jam 14.30 – Rumah Makan Fega

Akhirnya setelah jalan- jalan Mr.BG mampir ke sebuah Rumah Makan di daerah Jl. Assalam No. 10, Manggar, Belitung Timur , yaitu “Rumah Makan Fega” yang memiliki pemandangan alam yang indah, yakni berada di tepi Danau / Kolong Bendung.

image

Rumah Makan Fega

image

Menu Makanan Rumah Makan Fega

Makanan spesial yang Mr.BG cobain di Rumah Makan Fega adalah Gangan Kepala Ikan Ketarap, Ikan Bakar Tenggiri , Cumi Goreng Tepung dan Cha kangkung – Rp.280.000 / 4 Orang.

• Jam 15.30 – Vihara Dewi Kwan Im

Setelah makan Mr.BG kembali mengunjungi objek wisata yang ada di pulau belitung ini , berikutnya Mr.BG manpir ke salah satu “Vihara Dewi Kwan Im” yang berlokasi di Belitung Timur Terletak di Desa Burung Mandi , Kecamatan Damar , Kabupaten Belitung Timur , tidak begitu jauh dari lokasi Pantai Burung Mandi dan Pantai Bukit Batu.

image

“Vihara Dewi Kwan Im”

Vihara Dewi Kwan Im Belitung Timur ini merupakan sebuah obyek Wisata Belitung yang termasuk dalam kategori obyek wisata sejarah di karenakan memang bangunan ini memiliki nilai-nilai sejarah yang tinggi bagi pulau belitung.

Menurut sejarah , Vihara Dewi Kwan Im ini di bangun pada tahun 1747 yang berawal dari di temukan nya patung Buddha Bodhisttwa di Pantai Burung Mandi oleh seoarang nelayan setempat. Sebagaimana dengan fungsinya sejatinya Vihara ini adalah merupakan tempat beribadah bagi penganut Agama Budha , Namun seiring berjalan nya waktu,kini bangunan tua bersejarah ini juga di jadikan sebagai obyek wisata.

• Jam 16.00 – Pantai Burung Mandi

Setelah itu Mr.BG kembali pergi ke salah satu objek wisata yaitu “Pantai Burung Mandi”  yang terletak di Desa Burung Mandi , Kecamatan Damar , Kabupaten Belitung Timur , yang berlokasi tidak berjauhan dengan vihara Dewi Kwan Im San.

image

Suasana Pantai Burung Mandi

image

Suasana Pantai Burung Mandi

Keistimewaan dari pantai ini adalah pasir yang putih dan halus disertai dengan Barisan pohon pinus ,di sepanjang bibir pantai melengkapi keindahan panorama pantai.

• Jam 19.00 – Rumah Makan Diva

Setelah Mr.BG lelah berkeliling pulau belitung seharian di hari pertama ini akhirnya di tutup dengan makan malam di sebuah restaurant Chinese Food “Rumah Makan Diva” di kawasan Jl.Sriwijaya (Depan Wahana Swalayan).

Menu makan malam ini Mr.BG cobain beberapa menu diantara nya :

“Nasi Goreng Ikan Asin + Kepiting – Rp.30.000”

image

“Nasi Goreng Ikan Asin + Kepiting”

“Mie Kepiting – Rp.20.000”

image

“Mie Kepiting”

Untuk pengemar masakan chinese food wajib mampir ke restaurant ini , menurut Mr.BG restaurant ini menyediakan berbagai macam pilihan menu makanan yang sangat menarik dengan cita rasa yang dapat mengiurkan lidah kita.

• Jam 21.00 – Istirahat

Setelah berkeliling Pulau Belitung seharian saat nya MR.BG Istirahat dan mengisi tenaga yang lebih banyak untuk keesokan harinya yang bakal lebih seru lagi dan lebih banyak menguras tenaga.

Ikutin terus review dari MR.BG Mengenai Pulau Belitung Part 2 yang pasti lebih seru lagi…….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s